Eks Pemain Pelita Jaya Calonkan Pelatih Timnas Argentina

http://arcadiumgames.com/wp-content/uploads/2018/07/mario-alberto-kempes_4uhapbrrn60u1jzsfa6m7hvdy.jpg

BERITA BOLA ONLINE –  Legenda sepak bola Argentina, Mario Kempes, mengaku siap untuk menjadi kandidat pelatih baru timnas negaranya. Kempes yakin bisa menjalankan tugas dengan baik meskipun hal tersebut tidak mudah.

Kempes merupakan salah satu legenda besar Argentina. Ia membawa Albiceleste meraih gelar Piala Dunia pada tahun 1978 silam. Pada akhir karirnya sebagai pemain, Kempes bermain untuk klub asal Indonesia yakni Pelita Jaya pada musim 1993-94.

Argentina sendiri diyakini bakal menunjuk pelatih baru pasca gagal di Piala Dunia 2018. Lionel Messi dan kolega harus pulang lebih awal dari Rusia usai disingkirkan oleh Prancis pada babak 16 Besar dengan skor 4-3.

Posisi pelatih Argentina kini masih dijabat oleh Jorge Sampaoli. Tapi, kegagalan di Piala Dunia 2018 disebut bakal membuat karirnya akan usai sebelum kontraknya habis. Sampaoli masih punya kontrak hingga 2022.

Jika memang Sampaoli dipecat, maka ada beberapa kandidat yang siap untuk menggantikan posisinya. Salah satunya adalah Kempes.
BACA JUGA : Menurut Fabinho, Salah Layak Raih Ballon d’Or
“Tidak akan muda untuk menangani timnas Argentina ke depan karena seluruh negeri berada di belakang Anda. Tapi, saya bersedia untuk mengambil tanggung jawab sebagai di timnas Argentina,” ucap Kempes.

Sebagai pemain, kiprah Kempes sudah tidak perlu diragukan. Sebelum akhirnya pensiun di Pelita Jaya, dia pernah membela Rosario Central, Valencia, River Plate dan beberapa klub lain. Kempes juga pemain tetap di timnas Argentina.

Namun, kiprah Kempes sebagai pelatih tidak cukup apik. Tak ada nama besar dalam daftar klub yang pernah dia latih. Klub terakhir yang dia latih adalah Casarano Calcio, klub Serie D di Italia. Itu pun terjadi pada tahun 2012 lalu.

Saat ini, Kempes lebih dikenal sebagai salah satu pundit di Argentina. Dia jadi pundit di ESPN dan juga terlibat dalam proyek konsul permainan sepak bola FIFA 18.

Kempes bukan satu-satunya legenda Argentina yang menyatakan kesiapan untuk melatih timnas. Sebelumnya, sudah ada Diego Maradona yang juga siap melatih Albiceleste. Bahkan, Maradona siap melatih dengan gratis.

“Ya, dan saya akan akan melakukannya dengan cara gratis. Saya tidak akan meminta imbalan apa pun untuk itu,” ucap Maradona kepada Telesur.

Maradona sendiri sudah pernah jadi pelatih Argentina. Dia menjabat pada periode 2008 hingga 2010. Saat tampil di Piala Dunia 2018, Maradona gagal membawa Argentina lolos dari babak perempat final usai kalah dengan skor 4-0 atas Jerman.